Applying e-TV India!

YUHUUUUUU!!!! COEMI IS BACK HERE YO! Hahahaha

I know it’s been a veeeerrrry very long time since the last post on September last year. (What?!)

YUHUUUUUU!!!! Coemi kembali yo! Hahahaha

Sudah lama sekali Coemi tidak menulis semenjak tulisan terakhir di bulan September tahun lalu. (HAH?!)

 

Yea I’ve been busy to keep sleeping, eating, sleeping, and eating (Haha kidding, but half is true).  After my one-year-adventure in Aussie ended, I went back to my home country Indonesia. Just 3 weeks after that, my master degree program in Salatiga was commenced. That’s pretty fast! And so far I had been struggling for lately 2 semesters to put my brain back on the track, haha.

Yea saya sibuk tidur, makan, tidur, dan makan (haha bercanda, tapi ada benarnya). Jadi ceritanya setelah petualangan 1 tahun saya di Aussie berakhir, saya kembali ke tanah air Indonesia. Hanya berselang 3 minggu, saya sudah memulai kuliah S2 saya di Salatiga. Ya, sangat cepat! Dan selama 2 semester ini saya berjuang untuk mengembalikan otak saya ke kelas lagi, haha.

Oh thanking God, my second semester has finished.  Now it’s holiday time!!!  Bye campus stuff, I’m not going to touch you for at least 3 weeks. :p

Puji Tuhan, semester kedua sudah selesa. Dan sekarang waktunya liburan!!! Selamat tinggal kampus, saya tidak akan menyentuhmu minimal selama 3 minggu. :p

So what is my holiday plan? Going to Bollywood! Ops, I mean.. India haha. What I’m going to tell you on this post is: how to get a (e) tourist visa to India for Indonesians.

Jadi apa rencana liburan saya? Berangkat ke Bollywood! Ops, maksud saya.. India haha. Apa yang akan saya ceritakan ke kamu kali ini adalah: bagaimana cara mendapatkan (e) visa turis ke India untuk orang Indonesia.

There are 2 ways to get a tourist visa to India. First, you go directly to the Indian Embassy in Jakarta. Second, you can do it online (it’s called e-Tourist Visa/e-TV). I did both. Well… call me dumb.

Ada 2 cara untuk mendapatkan visa turis ke India. Pertama, kamu bisa datang langsung ke Kedutaan India di Jakarta. Kedua, kamu bisa melakukannya online (ini disebut e-Tourist Visa/e-TV). Saya melakukan 2 cara tersebut. Yea, anggap saja saya o’on.

At the first time, I was not familiar with e-TV. I have read all the information about it on mr. Google but I was not so sure that I would do that. How come a traveler go abroad without visa (physically)? Then with my (I would call it) smart-dumb-dumb instinct, I went to Jakarta to apply directly at Embassy few months ago. And this is what I got there…

Pertama kali, saya tidak begitu akrab dengan e-TV. Saya sudah membaca semua informasi melalui pak Google tapi tetap saja kurang yakin. Bagaimana bisa seorang pelancong pergi ke luar negeri tanpa visa fisik? Lalu dengan insting pintar tapi rangkap o’on, pergilah saya ke Jakarta untuk mendaftar langsung di Kedutaan beberapa bulan lalu. Dan inilah yang saya dapat dari sana…

Indian officer: *checking my documents* So you wanna go to the north India? *showing me his serious face*

Petugas India: *memeriksa dokumen saya* Jadi kamu ingin pergi ke India utara? *sambil menunjukkan wajah serius*

Me: Yups *wondering why he gave me that face*

Saya: Yups *penasaran kenapa dia bermuka seperti itu*

Indian officer: Oh you’ll go on August? No no no, you can’t apply now. The visa process here takes only 2 days and it will be expired in 2 months since you get the visa. If you go on August, the visa will be already expired.

Petugas India: Oh kamu akan pergi di bulan Agustus? Tidak tidak tidak, kamu tidak bisa mendaftar sekarang. Proses visa di sini hanya 2 hari dan akan langsung berlaku selama 2 bulan setelah kamu menerima visanya. Kalau kamu pergi di bulan Agustus, visanya sudah habis dulu.

He really spoke very fast. I mean it.

Dia sungguh berbicara sangat cepat. Serius.

Me: Really? Okay, thanks. I think I will try to apply e-TV then.

Saya: Oh ya? Oke, terima kasih. Kalau begitu saya akan coba e-TV saja.

Indian officer: Ya that’s a better option.

Petugas India: Ya, itu pilihan yang lebih baik.

See? I went there for nothing haha! But I learn something there, if you live in Jakarta, it’s still better to apply directly at Embassy since the visa fee is cheaper than the e-TV does. But for you who live outside far away from Jakarta (like me), e-TV is obviously the best option! Although the visa fee is more expensive, still the total cost is cheaper. You can cut off your transportation cost!

Lihat kan? Saya pergi ke sana dengan hasil nihil haha! Tapi saya belajar sesuatu dari situ, jika kamu tinggal di Jakarta, lebih baik mendaftar langsung di Kedutaan karena biaya visanya di sana lebih murah ketimbang e-TV. Tapi buat kamu yang tinggal jauh di luar Jakarta (seperti saya), e-TV jelas pilihan terbaik! Walaupun biaya visa lebih mahal, tapi biaya keseluruhan tetap lebih murah. Kamu bisa memangkas biaya transportasimu!

Here is some basic information about e-TV. This kind of tourist visa enables travelers to apply from their places (such as home, park, school, or even your own bathroom). You do it online, get the visa, bring it while travelling, and report to immigration at the arrival airport for a biometric detail. E-TV is valid for 30 days and is valid for entry through 9 certain airports in India (and 7 more upcoming airports).

Ini informasi dasar tentang e-TV. Jenis visa turis ini memperbolehkan para pelancong untuk mendaftar visa dimanapun mereka berada (seperti rumah, taman, sekolah, atau bahkan kamar mandimu). Lakukan secara online, dapat visanya, bawa visanya selama bepergian, and lapor ke imigrasi di bandara tujuan untuk detail biometric. E-TV berlaku selama 30 hari dan berlaku melalui 9 bandara tertentu di India (dan 7 bandara lain yang akan menyusul).


Wednesday morning

Rabu pagi

I applied online through an official visa web of India: https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html. Don’t forget to prepare your scanned first page of passport (max. 300kb in pdf) and a photograph with plain light colored or white background (max. 1 Mb in JPEG). Remember a photograph with both eyes open, don’t even try to blink! That’s all. Two documents and you ready to fill in the online form.

Saya mendaftar online melalui website resmi visa India: https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html. Jangan lupa sebelumnya siapkan scan halaman pertama paspormu (maks. 300kb format pdf) dan foto denngan background warna polos atau putih (maks. 1 Mb format JPEG). Ingat, fotonya dengan kedua mata terbuka, jangan kedip mata! Itu saja. Dua dokumen dan kamu siap untuk mengisi formulir online-nya.

After completing the form, take a note of your Application ID because you will need it for payment process. And again, the payment is so easy. You can use your debit or credit cards issued by MasterCard or Visa. At a glance, the payment is done.

Setelah selesai mengisi formulir, catat Application ID-mu karena itu dibutuhkan untuk proses pembayaran visa. Dan lagi, proses pembayarannya sangat gampang. Kamu bisa menggunakan kartu debit atau kredit yang dikeluarkan oleh MasterCard atau Visa. Dalam sekejab, pembayaran selesai.

IMG_0261The best thing of e-TV is…. I got the visa in 12 hours! Wow. Yes, I’m impressed. It is more (much!) convenient than applying visa to Aussie. I remembered  when I applied for a Work and Holiday Visa to Aussie, I had to do interview in Jakarta, prove my bank account, and do medical check-up then finally I got the visa in a month. Compared to this, applying visa to India is heavenly process. Haha!

Hal terbaik dari e-TV ini adalah… saya mendapatkan visanya dalam 12 jam! Wow. Saya terkesan. Ini jauh lebih mudah daripada mendaftar visa ke Aussie dulu. Saya ingat ketika mendaftar Work and Holiday Visa ke Aussie, saya harus wawancara di Jakarta, membuktikan akun tabungan, dan tes kesehatan lalu akhirnya saya mendapatkan visa itu sebulan kemudian. Dibandingkan dengan ini, mendaftar visa ke India jadi serasa surga. Haha!

Now I just need to pack my stuff and be ready to go to India. YEAY!!!

Sekarang saya hanya perlu mengemasi barang dan bersiap untuk berangkat ke India. YEAY!!!

 

Leave a Reply

